cover
Contact Name
ahmad zain
Contact Email
elbanyumasi@yahoo.co.id
Phone
+628129731518
Journal Mail Official
jurnalprofesi2021@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nusa Indah 1 No. 163 Perumnas 1 Kota Bekasi
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
ISSN : 27970701     EISSN : 23018836     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan, menampung hasil penelitian dan kejian dalam bidang pendidikan dan keguruan
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 1 (2020): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan" : 5 Documents clear
Pengaruh Kecerdasan Spiritual Dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Tahfidz Al-Qur’an Santri Ponpes Al-Qur’aniyyah Pondok Aren Banten Sarnoto, Ahmad Zain; Habibie, Habibie
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 9 No. 1 (2020): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Teknik Pembentukan dan Perakitan Fabrikasi Logam Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Siswa Kelas XII TFL 2 SMK Negeri 58 Jakarta Suparman, Suparman
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 9 No. 1 (2020): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif. Kegiatan belajar dan mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar aktif, namun kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan kerjasama kelompok kecil akan memungkinkan untuk menggalakkan kegiatan belajar aktif dengan cara khusus. Apa yang didiskusikan siswa dengan teman-temannya dan apa yang diajarkan siswa kepada teman-temannya memungkinkan mereka untuk memperoleh pemahaman dan penguasaan materi pelajaran. Penelitian ini berdasarkan permasalahan : (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar Teknik Pembentukan dan Perakitan Fabrikasi Logam dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model STAD Pada Siswa Kelas XII TFL 2 SMK Negeri 58 Jakarta Timur? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran kooperatif model STAD terhadap motivasi belajar Teknik Pembentukan dan Perakitan Fabrikasi Logam Pada Siswa Kelas XII TFL 2 SMK Negeri 58 Jakarta Timur?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Mengetahui peningkatan prestasi belajar Teknik Pembentukan dan Perakitan Fabrikasi Logam setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model STAD Pada Siswa Kelas XII TFL 2 SMK Negeri 58 Jakarta Timur, tahun pelajaran 2015-2016. (b) Mengetahui pengaruh motivasi belajar Teknik Pembentukan dan Perakitan Fabrikasi Logam setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model STAD Pada Siswa Kelas XII TFL 2 SMK Negeri 58 Jakarta Timur, tahun pelajaran 2015-2016. (c) Memberikan gambaran tentang metode pembelajaran yang tepat dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dan menjadikan siswa menjadi aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran . setiap putaran terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XII TFL 2 SMK Negeri 58 Jakarta tahun pelajaran 2015-2016. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III, yaitu siklus I (63,17%), siklus II (74,50%), siklus III (83,83%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas XII SMK Negeri 58 Jakarta serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran.
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Materi Dasar-Dasar Desain Melalui Model Pembelajaran Pakem Pada Kelas X SMK Negeri 58 Jakarta Timur Marsana, Solikin
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 9 No. 1 (2020): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan rumusan masalah: (1) Bagaimanakah proses pembelajaran melalui metode PAKEM siswa kelas X SMK Negeri 58 Jakarta Timur pada materi dasar-dasar desain? (2) Bagaimanakah peningkatan pemahaman siswa kelas X SMK Negeri 58 Jakarta Timur pada materi dasar-dasar desain? (3) Bagaimanakah peningkatan kreativitas siswa kelas X SMK Negeri 58 Jakarta Timur melalui metode PAKEM? (4) Bagaimanakah respon siswa terhadap metode PAKEM kelas X SMK Negeri 58 Jakarta Timur ?, serta tujuan penelitian (1) Meningkatkan keaktifan kreatif peserta didik dalam proses pembelajaran tentang materi dasar-dasar desain. (2) Meningkatkan keberanian peserta didik dalam mewujudkan dan menjawab pertanyaan. (3) Meningkatkan keterampilan peserta didik tentang dasar-dasar desain. Pada mata pelajaran dasar-dasar desain terjadi peningkatan pula. Perolehan persentase pada siklus I, yakni 60,17%, meningkat menjadi 72,17%. Peneliti/guru tetap memfokuskan pada upaya penanggulangan kendala-kendala yang selama ini menjadi kelemahan proses pembelajaran, yakni dengan cara menjelaskan materi pelajaran secara bertahap dan tidak perlu terlalu cepat, memancing perhatian peserta didik pada pelajaran dengan menerapkan metode penyampaian yang variatif, memancing daya imajinasi peserta didik dengan media gambar memahami dasar desain..Lebih jauh lagi, diupayakan pula peningkatan kemampuan peserta didik yang rendah yang selama ini menjadi salah satu kendala. Pada akhirnya, kerja keras ini mendapat hasilnya dengan perolehan persentase 82% pada siklus III sebagai siklus pamungkas. Perubahan yang terjadi dalam proses dan hasil pembelajaran sebenarnya berpangkal dari usaha guru untuk melakukan perbaikan-perbaikan pembelajaran dan kemauan untuk melaksanakan prosedur pembelajaran dengan benar. Langkah-langkah pembelajaran yang disusun pada rencana pembelajaran merupakan gambaran yang jelas dari skenario pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelasnya.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bentuk Pangkat, Akar dan Logaritma Melalui Implementasi Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas X-AK-2 SMK Negeri 51 Jakarta Timur Devi, Widya
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 9 No. 1 (2020): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keberhasilan siswa di SMK sangat berpengaruh terhadap keberhasilannya di sekolah lanjutan. Menurut informasi dari guru SMK Negeri 51 Jakarta Timur diperoleh bahwa rata-rata prestasi belajar matematika siswa kelas X-AK-2 selalu di bawah enam. Dalam proses pembelajarannya, guru berupaya memberikan penjelasan materi secara lengkap. Dalam proses pembelajaran, guru memulai dengan menjelaskan memberi contoh latihan soal tentang Operasi Aljabar. Jadi siswa secara langsung diberikan rumus-rumus matematika tanpa diberi kesempatan untuk menemukan sendiri. Pada pembelajaran CTL guru tidak mengharuskan siswa menghapal fakta-fakta tetapi guru hendaknya mendorong siswa untuk mengkontruksi pengetahuan dibenak mereka sendiri. Melalui CTL siswa diharapkan belajar melalui ‘mengalami’ bukan ‘menghapal’. Dalam pembelajaran, guru perlu memahami konsepsi awal yang dimiliki siswa dan mengaitkan dengan konsep yang akan dipelajari. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (a) meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas X-AK-2 SMK Negeri 51 Jakarta Timur dengan implementasi pendekatan kontekstual melalui pembelajaran kooperatif berbantuan LKS., (b) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap implementasi pendekatan kontekstual melalui pembelajaran kooperatif berbantuan LKS. Melalui hasil peneilitian ini menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari sklus I, II, dan II) yaitu masing-masing 68,18%, 77,27%, dan 86,36%. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai. Sehingga pada simpulannya menunjukkan, bahwa Penerapan pendekatan kontekstual mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan hasil wawancara dengan sebagian siswa, rata-rata jawaban siswa menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan pendekatan kontekstual sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.
Peran Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Strategi Keberhasilan Tujuan Sekolah Melalui Fokus Implementasi “Kokoki” (Koordinasi Komunikasi Dan Kinerja) Guru di SDN Pancoran 03 Tahun Pelajaran 2015-2016 Yati, Yuni
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 9 No. 1 (2020): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setiap sekolah tentu menginginkan terjalinnya koordinasi yang baik dan berfungsi secara maksimal, sehingga antar guru dan antar bagian di dalam sekolah dapat bekerjasama dalam menjalankan tugas dan pekerjaannya, sehingga tercipta hubungan yang harmonis dan dinamis dalam rangka mencapai tujuan bersama secara cepat, tepat, efisien dan efektif. KOKOKI adalah akronim dari koordinasi, komunikasi dan kinerja yang merupakan usulan dari penulis untuk menjadikannya sebagai salah satu kunci keberhasilan suatu sekolah. Dalam penelitian ini akan menggunakan penelitian tindakan sekolah, di mana data-data didapatkan dari data hasil pengamatan terhadap upaya yang dilakukan guru dalam mengimplementasikan KOKOKI. Hasil telaah atas penelitian menjawab dan menganailisa mengenai permasalahan dalam sekolah dapat ditengahkan, dengan memaknai koordinasi, komunikasi dan kinerja (KOKOKI), maka agar mencapai kinerja yang diharapkan guru hendaknya ditempatkan pada pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan dan keahliannya. Hal ini adalah suatu bentuk koordinasi dan komunikasi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa koordinasi dan komunikasi erat kaitannya dengan kinerja para guru dalam menjalankan setiap kegiatannya dalam mencapai tujuan sekolah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol. 12 No. 2 (2023): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 12 No. 1 (2023): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 11 No. 2 (2022): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 11 No. 1 (2022): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 10 No. 2 (2021): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 10 No. 1 (2021): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 9 No. 2 (2020): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 9 No. 1 (2020): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 8 No. 2 (2019): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 8 No. 1 (2019): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 2 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 1 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 6 No. 2 (2017): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 6 No. 1 (2017): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 5 No. 2 (2016): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 5 No. 1 (2016): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 4 No. 2 (2015): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 4 No. 1 (2015): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 3 No. 2 (2014): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 3 No. 1 (2014): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 2 No. 2 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 2 No. 1 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 2 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 1 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan More Issue